Dinas SDA dan Bina Marga Siap Kebut Perbaikan Jalan di Sultra

Kendari100 Dilihat

Kendari, BENTALA.ID – Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, tahun 2024 ini pihaknya memiliki resolusi untuk fokus dengan perbaikan jalan di Sulawesi Tenggara. Hal itu diungkapkannya saat menggelar syukuran pada Jumat (05/01/2024).

Pahri Yamsul membeberkan, dari total jalan di Sultra sepanjang 1.076 kilometer, yang sudah baik baru 84,11 persen. Sementara sisanya kurang lebih 176 kilometer atau lebih dari 15 persen kondisinya sangat parah.

Meski begitu, progres perbaikan jalan pada tahun 2023 telah mencapai target awal yang telah ditetapkan. Di tahun 2024, sesuai dengan arahan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, pihaknya bakal merubah mindset yang akan direalisasikan sesegera mungkin dengan manajemen yang rapi. Ia menegaskan bahwa di Bulan Maret, pekerjaan di Dinas SDA dan Bina Marga sudah berjalan 30 persen dan siap melakukan survey ke daerah, sehingga pekerjaan perbaikan jalan bisa cepat dimulai.

BACA JUGA :  Indeks Perkembangan Harga Sultra Terendah Secara Nasional

“Dengan demikian maka perputaran anggaran lebih cepat dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, baik dari sektor ekonomi sosial dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Sultra Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

Untuk diketahui, anggaran perbaikan jalan tahun 2024 yang bersumber dari APBD sebesar Rp27,5 miliar. Selebihnya bantuan dana bagi hasil sawit sekitar Rp9 miliar dan Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat sekitar Rp20 miliar lebih. Perbaikan jalan ini nantinya akan dilakukan di sejumlah jalan di berbagai daerah seperti di Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe. Daerah kepulauan meliputi Buton Utara, Buton Tengah dan Muna Barat. (*)

Redaksi

Komentar