Pemprov Sultra bakal Gunakan Manajemen Talenta dalam Pengisian Jabatan

Kendari95 Dilihat

KENDARI, BENTALA.ID – Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, menerima audiensi tim dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bertempat di ruang rapat Gubernur Sultra, Kamis (22/02/2024). Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimti Wilayah II KASN, Prof. Agustinus Fatem dalam kesempatannya mengatakan, bahwa Pemprov Sultra perlu menata kembali sistem merit dalam pengisian jabatan menyangkut promosi dan rotasi. Persoalan masa lalu harus segera diselesaikan dan ke depan dalam pelaksanaan promosi dan mutasi agar disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan.

Ia menambahkan, ada tiga komponen utama yang harus diupayakan dalam keadaan terbaik oleh setiap pegawai sebagai pertimbangan untuk promosi ke dalam jabatan Pimti.

BACA JUGA :  Inflasi Sultra Peringkat 20 Terendah dari 38 Provinsi

“Pertama, kompetensi mereka harus mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi jabatan. Kedua, para ASN dalam pelaksanaan tugasnya harus tunjukan kinerja terbaik. Ketiga, menjaga perilaku kerja seperti disiplin, integritas, dan loyalitas,” ujarnya.

Foto bersama usai audiensi tim Komisi Aparatur Sipil Negara. Foto: Ist.

Sementara itu, Andap Budhi Revianto menyampaikan, akan menyelesaikan berbagai persoalan sebagaimana rekomendasi KASN dalam pengisian jabatan Pimti di lingkungan Pemprov Sultra.

“Insyaallah, kita akan tindak lanjuti rekomendasi dari KASN yang belum terlaksana melalui mekanisme uji kompetensi. Aturannya kan sudah jelas, kita terapkan manajemen talenta sebagaimana amanat Undang-Undang No 20 Tahun 2023 tentang ASN. Hal ini semata untuk mendorong peningkatan profesionalisme, kompetensi, dan kinerja ASN,” ungkapnya.

BACA JUGA :  ASR, Anomali Pileg dan Pesona Cagub Sultra

Sebelumnya, KASN juga mengapresiasi kinerja sistem merit ASN Pemprov Sultra yang mengalami peningkatan di bawah kepemimpinan Andap Budhi Revianto.

“Alhamdulillah, kemarin Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto juga mengapresiasi kinerja sistem merit ASN kita. Pemprov Sultra berhasil naik dari kategori kurang menjadi baik. Ke depan kita harus mampu meraih kategori sangat baik karena ini akan mengecualikan kita dalam pengisian jabatan karena tanpa melalui mekanisme seleksi terbuka,” tutup Andap. (*)

 

Redaksi

Komentar