Pj Gubernur Beberkan Sultra Dapat Alokasi Penerimaan ASN 7.497

Kendari88 Dilihat

KENDARI, BENTALA.ID –  Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, memberikan pengarahan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Sultra, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Senin (18/03/2024). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penguatan jelang akhir triwulan I, serta peningkatan kesiapsiagaan apabila terjadi kondisi kedaruratan atau unpredictable, utamanya bencana banjir di Sultra.

Andap Budhi Revianto mengawali arahannya dengan menginformasikan bahwa Pemprov Sultra telah mendapat persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemprov tahun anggaran 2024 dengan alokasi sebanyak 7.497 oleh Kementerian PAN-RB. Rinciannya 1.509 untuk alokasi CPNS dan 5.988 untuk alokasi PPPK sesuai dengan skala prioritas nasional tiga, yakni tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga teknis.

“Alhamdulillah, kita telah mendapat persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN tahun anggaran 2024 dari KPAN-RB sebanyak 7.497 orang, masing-masing 1.509 untuk alokasi calon PNS yang meliputi 442 untuk tenaga kesehatan, serta 1.067 untuk tenaga teknis. Sedangkan alokasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 5.988, masing-masing untuk tenaga guru sebanyak 981, tenaga kesehatan sebanyak 702 serta tenaga teknis sebanyak 4.305. Diharapkan dalam pelaksanaan pengadaan ini agar dilaksanakan dengan bersih, obyektif, kompetitif, transparan, adil dan gratis. Tidak ada penyimpangan dan diurut masa pengabdian yang sudah lama. Apabila ada penyimpangan agar dilaporkan,” ujarnya disambut tepuk tangan peserta.

BACA JUGA :  Wapres RI Tiba di Sulawesi Tenggara, Ini Agendanya
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, memberikan pengarahan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Sultra, Senin (18/03/2024). Foto: Ist.

Lebih lanjut, Andap mengingatkan untuk tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi bencana banjir rob yang berpotensi terjadi hingga Selasa (18/03/2024). Pj Gubernur juga menginstruksikan kepala perangkat daerahnya untuk melakukan langkah-langkah konkrit menyikapi hal ini.

“Segenap Jajaran Pemprov Sultra diharapkan siap dan dapat memitigasi risiko terjadinya bencana banjir. Siapkan langkah kontingensi apabila terjadi kedaruratan atau unpredictable,” tegas Andap.

“Kepala perangkat daerah agar siapkan tim siaga banjir yang miliki quick respon time, membantu dengan cepat masyarakat yang terdampak, membantu pegawai yang terkena musibah banjir, serta datakan pegawai yang berdomisili di titik-titik banjir,” tambahnya.

BACA JUGA :  Musim Kemarau Tahun 2024 Diprediksi Lebih Ekstrem, Pj Gubernur Sultra Serukan Mitigasi Bencana

Andap juga memberikan arahan mengenai sebelas atensi yang perlu disikapi, yakni pengendalian inflasi, penurunan stunting, pengelolaan BUMD, peningkatan pelayanan publik, menurunkan angka pengangguran, upaya penghapusan kemiskinan ekstrem, layanan kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan, inovasi, dan perizinan.

“Sebelas hal ini merupakan target yang harus kita capai guna mewujudkan Sultra yang semakin baik dari waktu ke waktu. Bekerja bersama dan sama-sama bekerja menjadi kunci agar hal ini dapat tercapai,” tegasnya.

Terakhir, Pj Gubernur menekankan untuk mengakhiri triwulan I dengan baik, meliputi serapan anggaran, capaian kinerja dan realisasi anggaran.

“Mari akhiri triwulan I ini dengan baik, selesaikanlah target kinerja yang telah dibuat. Jangan di akhir waktu melakukan back date untuk menyerap anggaran. Itu tidak disiplin dan merupakan pelanggaran,” tutupnya. (*)

 

Redaksi

Komentar