Pj Gubernur Lepas 2.122 Jemaah Calon Haji Sulawesi Tenggara

Kendari, Sultra76 Dilihat

KENDARI, BENTALA.ID – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) termasuk juga Pendamping Haji Daerah (PHD) dan petugas kloter secara keseluruhan sebanyak 2.122 JCH di Ballroom KH. Baidawi, Asrama Haji Transit Kendari, Selasa (27/05/2024).

Andap Budhi Revianto mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan dalam melepas jemaah Sultra untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci Makkah tahun 1445 hijriah/2024 masehi.

“Alhamdulillah, kita semua masih diberikan nikmat sehat sehingga dapat hadir dalam acara pelepasan jemaah calon haji yang penuh makna ini,” ujar Andap Budhi Revianto.

Ia melanjutkan, hari ini menjadi momen yang sangat membanggakan, mengingat daftar tunggu haji nasional yang bervariasi setiap provinsi. Oleh karena itu, keberangkatan para jemaah dari Sultra ini merupakan anugerah yang patut disyukuri bersama.

Tahun ini, jumlah JCH yang berangkat dari Sulawesi Tenggara sebanyak 2.122 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 2.082 JCH, 15 orang PHD, dan 25 petugas kloter. Keseluruhan jemaah akan terbagi dalam lima kloter yang diberangkatkan mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 7 Juni 2024.

BACA JUGA :  Sepekan Jelang Iduladha, Harga Pangan di Sultra Stabil

Dari total JCH, terdapat 417 orang yang perlu menjadi perhatian petugas haji dan tim kesehatan.

“Semoga prosesi menunaikan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar, kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, berfoto bersama usai pelepasan jemaah calon haji asal Sultra. Foto: Ist.

Ia juga memberikan pesan khusus kepada petugas haji dan JCH untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, beri pelayanan yang terbaik dengan quick respon time dan profesional. Kepada JCH agar tunaikan ibadah dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Sabar dan peduli terhadap kondisi dan kebutuhan para jamaah calon haji, utamanya yang memerlukan perhatian khusus. Jaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta para jamaah. Lakukan upaya pencegahan dan penanganan medis dengan cepat dan tepat,” tambahnya.

Selanjutnya, kepada JCH, Pj Gubernur mengingatkan untuk meluruskan niat dengan fokus untuk beribadah kepada Allah SWT.

BACA JUGA :  Wapres RI Tiba di Sulawesi Tenggara, Ini Agendanya

“Tunaikan ibadah haji dengan baik yang meliputi ihram, wukuf, tawaf ifadhah, dan sai serta perbanyak doa, dzikir, dan ibadah lainnya. Jaga kesehatan, kekompakan dan kebersamaan. Patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang di Tanah Suci. Berdoa, semoga Allah SWT menerima segala ibadah saudara-saudara selama di Tanah Suci,” pesan Andap.

Terakhir, Pj Gubernur berharap agar para JCH turut mendoakan Bumi Anoa Sulawesi Tenggara menjadi provinsi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur serta terciptanya situasi yang aman dan kondusif di tengah kontestasi Pilkada serentak 2024.

“Saya titip doa ya bapak ibu dan semua jemaah calon haji, doakan semoga Bumi Anoa Sultra tercinta menjadi provinsi yang Baldatun Thayyibatun wa Robbun Ghofur, serta kondisi Kamtibmasnya aman, damai dan kondusif pada kontestasi Pilkada serentak tahun 2024,” tutup Andap. (*)

Redaksi

Komentar