Provinsi Sultra Raih Kategori Baik Penerapan Sistem Merit Manajemen ASN

Kendari, Sultra71 Dilihat

KENDARI, BENTALA.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih Kategori III ( Baik ) Penerapan Sistem Merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan nilai 255, dan indeks 0,62 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Capaian tersebut mengalami peningkatan dari periode sebelumnya, dimana pada tahun 2021, Pemprov Sultra hanya meraih nilai 219 dengan kategori kurang dan di tahun 2022 meraih nilai 221, dengan kategori yang sama yakni kurang.

Terjadinya perubahan yang signifikan dalam penilaian Sistem Merit pada aplikasi SIPINTER (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit), salah satunya mengingat adanya penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau digitalisasi administrasi persuratan melalui aplikasi Sistem Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker) di lingkungan Pemprov Sultra.

BACA JUGA :  Sosialisasi Katalog Elektronik dan Toko Daring, Komitmen Pemprov Sultra Akselerasi Pengadaan Barang Bersih dan Transparan

“Aplikasi Sisumaker ini merupakan inisiasi dan inovasi dari Bapak Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto di awal menjabat selaku Pj Gubernur Sultra. Hal ini sebagai wujud kepedulian Beliau dalam upaya meningkatkan sistem layanan administrasi persuratan di lingkungan Pemprov Sultra,” ungkap Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio.

“Pj Gubernur Sultra juga merespon secara positif terhadap enam rekomendasi KASN terhadap adanya pelanggaran sistem merit,” tambahnya.

Selanjutnya, KASN merekomendasikan langkah-langkah penataan/perbaikan terhadap tujuh aspek yang terkait dengan pelaksanaan sistem merit yakni aspek perencanaan kebutuhan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta aspek sistem informasi.

Sementara itu, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengungkapkan rasa syukur atas capaian Pemprov Sultra dan berkomitmen akan terus meningkatkan sistem merit guna mewujudkan manajemen ASN dilingkungan Pemprov Sultra yang semakin baik dari waktu ke waktu.

BACA JUGA :  Dikukuhkan Wapres RI, Pj Gubernur Sultra Dinobatkan Pimpin KDEKS Sultra

“Alhamdulillah, Provinsi Sultra terus alami berbagai torehan capaian. Kami juga akan terus berkomitmen meningkatkan penerapan sistem merit di Pemprov Sultra. Hal ini semata untuk mewujudkan Sultra yang semakin baik dari waktu ke waktu,” ungkap Andap saat ditanya awak media.

“Kami juga berharap seluruh lapisan masyarakat khususnya Rekan-Rekan media menjadi kontrol sosial bagi kinerja kami. Berikan masukan yang konstruktif sehingga kedepannya dapat membuat kami lebih baik lagi,” tutupnya. (*)

Redaksi

Komentar