SBY Minta Prioritaskan JJLS: Saya Mencetuskan Sebelum Dilanjut Jokowi

Nasional63 Dilihat

BENTALA.ID – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), berharap agar pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dilanjutkan. Dia mengatakan pembangunan jalan itu sebetulnya dicetuskan olehnya, lalu sempat dilanjutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Itu dulu saya yang mencetuskan dan melaksanakan tahun-tahun pertama sebelum dilanjutkan Pak Jokowi,” kata SBY dilansir detikJogja, Jumat (15/12/2023).

“Dasar pemikiran saya, Jawa ini yang paling maju dan tersambung. (Jalur) Pantai utara. zona tengah, ada tapi belum kuat,” sambungnya.

Selain itu, SBY mengatakan zona selatan meliputi Pangandaran, Sukabumi, Cilacap, hingga Tulungagung memang belum tersambung. Dia menyebut sepanjang jalur itu pasti macet luar biasa ketika musim Lebaran.

“Zona selatan mulai dari Pangandaran, Sukabumi, Cilacap, selatan Jogja, Wonosari selatan, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung deret masih belum tersambung. Saya pikir tidak adil dan kalau musim mudik lebaran macetnya luar biasa,” ujar SBY.

Maka itu SBY berharap agar Pembangunan JJLS harus dilanjutkan agar wilayah selatan Jawa tidak tertinggal dengan wilayah Jawa lainnya. Dan itu, kata dia, harus jadi prioritas. “Menurut saya ini harus dilanjutkan lagi sehingga betul-betul tidak tertinggal lagi dengan Pantai Utara, dengan Pantura. Saya yakin bisa, anggaran untuk itu harus diprioritaskan untuk keadilan dan kesinambungan semua jaring jalan di Pulau Jawa,” imbuhnya.

Komentar